Penyebap Komputer atau Laptop sering hang dan mati.

Hallo sobat semua …

Kali ini mau share pengetahuan saya soal masalah komputer yang sering hang atau juga tiba-tiba mati sendiri, pasti pernah ngalamin deh, apalagi PC (Personal Computer) atau laptop jadul hihihihi…

Overheat

Nah yang paling sering saya temukan penyebab nya adalah Overheat (Over = Kelebihan, Heat = Panas) Kelebihan panas dapat menyebapkan kinerja CPU (Central Proccessing Unit)terganggu dan menyebabkan komputer menjadi lambat atau paling parah mati sendiri (Dikarnakan adanya sensor yang akan aktif jika pada suhu tertentu akan memaksa komputer untuk segera mati.)

Penyebabnya :

  • Banyaknya Debu

Debu yang menutupi heatsink dan fan dapat mempengaruhi sirkulasi udara untuk pendinginan suhu pada CPU.

  • Heatsink tidak terpasang dengan benar

Jika heatsink tidak terpasang dengan benar atau kendor maka proses pendiginan CPU menjadi tidak sempurna atau juga habisnya thermal paste untuk penghantar panas pada heatsink.

Hardware

Hardware bisa menjadi salah satu penyebab komputer mati sendiri nih guys, dikarenakan hardware tersebut mungkin sudah tidak bekerja dengan optimal atau malah lebih parah sudah rusak  :

  • Power Supply

Power Supply pasti tau dong buat apa … hehehe yup power suppply adalah salah satu perangkat komputer yang bertugas untuk mengalirkan arus listrik ke setiap kompoen komputer. Udah jelas dong kalau power supply rusak atau mati udah pasti komputernya juga mati dong…

  • Fan (Kipas)

Nah ada lagi nih yaitu Fan… perangkat yang satu ini juga penting untuk menjaga suhu atau sirkulasi udara pada komputer maupun laptop, biasanya yang paling fatal adalah fan pada prosessor. kalau fan prosesor ini mati akan menyebabkan prosesor kelebihan panas atau overheat dan mengaktifkan sensor, seperti yang sudah dijelaskan pada bagian Overheat.

  • Battery

Khusus pengguna laptop nih… biasanya battery yang kalian pakai sudah mulai melemah atau masanya sudah habis, battery akan cepat kehilangan daya sehingga membuat laptop kalian mati mendadak tanpa ada pemberitahuan bahwa battery yang kalian pakai sudah mau habis.

Oke sobat sekian dulu nih posting soal Penyebap Komputer atau Laptop sering hang dan mati. Mungkin kalau ada tambahan dari sobat bisa komentar dan nanti saya update di post 😀

Tinggalkan komentar